Makanan

makan saat lapar. makan juga buat ngisi energi buat badan buat bertahan hidup bukan buat gaya hidup.

apa susahnya bilang “pak/bu nasinya di kuranginya”.  ambil secukupnya, lebih baik kurang dari pada dibuang.

Hasil gambar untuk sisa makanan nggak habis

dikeluarga selalu dibilangin ya kalau makan harus dihabiskan bahkan di sugesti bahwa nasi bakalan nangis kalau nga dihabiskan. biasanya adek gue yang nga habis makanya itu sisanya dihabiskan oleh bapak/ibu kadang gue juga yang ngabisin. sampai kuliah kalau lagi makan bareng temen gue nga malu bilang “lo nga abis?, sini gue makan”. bukan karena kelaparan cuma udah ketanem aja di otak bahwa nga boleh nyisain atau ngebuang makanan. terlebih lagi gue tau rasanya kelapparan itu gimana haha.

gue pernah main ke rumah temen. nasi sisa makan itu di cuci di jemur, kering, di goreng jadi makanan lagi. begitu mereka ngehormatin yang namanya nasi.

sedih aja kalu ke rumah makan atau tempat makan liat di atas meja ada sisa makanan yang seringnya masih banyak, seolah makanan tu mainan.

kenapa makananya nga dihabiskan?

kenyang? kenapa makan berat kalau kenyang?

malu? karena makanan yang bersih itu mencerminkan rakus? kelaparan? 

buat gue si orang begitu orang bodoh yang nga punya hati. ya orang bodoh kan nga make otaknya buat mikir. harusnya kalau tau bakalan nga habis kenapa ambil porsi penuh nga minta dikurangin, kalau nga lapar kenapa makan? dan nga punya hati karena nga sadar kalau masih banyak yang kelaparan.

bagian lucunya adalah mikir berkali-kali  atau pake emosi ketika memberi sumbangan atau semacamnya. pengamen, pengemis, kotak amal atau sisa Rp 500an yang sering di keluhkan ketika berbelanja.

 

 

padahal kalau di logika-in.. satu prosi makanan itu Rp. 20.000 dan nga dihabiskan 1/4 nya itu artinya buang duit Rp 5.000. mending di sumbangin ya atau dibuat bayar parkir

oh iya nga papa juga kali ya nyisain makanan nanti kan dibuang buat jadi sampah dan makanan cacing tanah. itu penting loh buat kesuburan tanah kan sekarang mulai parah pemanasan globalnya. iya biar cacingnya gemuk-gemuk dan nanti pas kamu mati nga lama penguraianya haha.

Hasil gambar untuk kelaparan

Iklan