Komplain dengan Sales

img_0903

Sales/marketing  ini posisi ujung tanduk, pekerjaan yang penting karena mereka harus berhadapan secara langsung dengan konsumen baik itu face to face or by phone. begitu pentingnya ada istilah nga ada mereka nga gajian . 

Sudah 6 bulan apotik ini gue kelolah dan jelas berurusan dengan sales, sebelumnya 3 tahun lalu gue juga sudah pernah ngelolah toko obat.jadi sudah biasa ngadepin sales tapi kali ini kok beda ya haha. sebenarnya gue paling jarang buat komplain (menyampaikan rasa ketidak puasan) karena gue tau kerja jadi sales ngak mudah.

Komplain :

sekitar 10 orang sales yang rutin kunjungan ke apotik, kebanyakan dari mereka ini cuek, nga ada basa-basinya dam selalu gue yang tanya ada promo nga?  apalagi mereka ini suka lupa bawa daftar harga ya adalah beberapa sales yang memang sudah memberikan copian daftar harga barang. barang yang mereka jual kan banyak udah gitu ada beberapa yang kandungan obatnya sama tapi beda merek dagang, ini yang bikin gue males harus tanya satu-satu dan ngebandingin harga di komputer. kalau kesel gue bilang “mas gue nga order dulu”.  harusnya modal dong ya kopi yang banyak daftar harga itu apa lagi kemarin pergantian tahun ada beberapa kenaikan harga barang ini sesuatu sekali dengan entengya bilang “yang naik nga banyak kok mas” niat kerja nga si bro?. ada yang males nyatetin orederan jadi minta di bbm, udah gue bbm nga di read eh pas waktu pengiriman gue pikir bakal terima barang ternyata lewat.ada juga barang yang harganya naik 30% gue nga terima info di retur juga nga bisa, waktunya pembayaran malah nga bawa faktur, pindah tugas nga ngasih nomer sales yang baru. huh begimanapun tetap pesan barang dengan mereka ini ya namanya butuh, tapi alangkah baiknya kalau pelayanan mereka ini diperbaiki.

Harusnya :

Sales seharusnya : Pertama   ramah, dan sabar. Kedua responsif  dan informatif.

Saat kunjungan bawa daftar harga terbaru, sapa dulu yang jaga toko kalau bisa jabat tanganya, tanya kabar basa-basi dulu lah. tawarkan produk promo beri informasi untuk kenaikan harga kalau ada. baru tanya ada orderan tidak? setelah itu ucapkan terimakasih, pamit dan salaman lagi.

Untuk penagihan baiknya sebelum tanggal penagihan konsumen di informasikan jumlah tagihan.

 Ada dua tipe konsumen , konsumen yang komplein secara langsung ada juga yang diam saja. konsumen yang komplein langsung jika ditangani dengan baik maka done komplainan itu nga akan memberikan dampak yang besar. berbeda lagi konsumen yang diam ini yang bahaya biasanya dia komplain lewat sosial media kalau sudah begitu urasanya panjang bro yang baca, yang komen belum lagi yang ngeshare. jadilah word of the mouth. makaya penting sekali kesadaran akan pelayanan yang baik tugas dari management untuk membekali merka apa lagi kan mereka ini berhadapan langsung dengan konsumen, jangan asal pilih orang.  jhr

 

