Nabung yang Tepat

Use Mason Jars & ripped paper as labels to save up for the travels of your dreams! Adventure, travel, wanderlust, saving money, DIY....:

Pinterest.com

“Bulan depan penetapan de.. bagusnya gue nabung apa gimana ya?”

padahal gue sendiri nga punya tabungan tapi ditanya nabung yang tepat itu gimana. haha sebagian temen taunya gue ini orangnya hemat, jadilah sering mereka tanya “punya tabungan berapa?” . “nga ada” mereka pada nga percaya haha.  oke kali ini gue yang ‘aku mah apa atuh’  mau ngasih sedikit saran buat yang mau nabung.

gue rasa sekarang ini hampir setiap orang punya rekening tabungan di bank atau sekala kecilnya koprasi dan banyak juga yang masih nabung di celengan bambu 😀. nah sebenernya itu salah nga? nabung di celengan?. sebenanrya itu nga salah bank juga ibaratnya celengan cuma lebih moderen aja ya hehe.

balik lagi ke pertanyaan temen tentang nabung yang tepat. bagi gue yang ‘aku mah apa atuh’   ada tiga cara nabung yang tepat.

  • Logam Mulia

ini jadul bener kalau kata gue haha, emak sering bener bilang “duitnya dibeliin ema aja de” . seperti yang kita tau kalau harga logam mulia cendrung naik, stabil dan jarang turun, jualnya juga mudah.  ya walaupun kesaanya jadul tapi logm mulia tetap jadi pilihan yang tepat buat nabung apalagi kalau masih single bisa buat mahar nantinya haha.

  • Property

Harga tanah sekarang kok mahal bener ya apa lagi plus rumah makin gila harganya. kalau kata abang gue gini “de beli tanah aja, manusia di dunia ini semakin banyak dan tanah ngak nambah jadi beli tanah aja nanti lama-lama pasti makin mahal”. jelas ya properti itu salah satu pilihan tepat buat nabung.

 

  • Saham

sebenernya kalau udah bahas saham bagusnya mampir ke tempat mas dani. gue nga bisa jelasin banyak tentang saham ini tapi yang gue maksut di sini nabung saham jadi bukan ‘main saham’ yang beli dan jual pas harga tinggi terus beli lagi jual lagi. nabung saham ini butuh kesabaran dan harus konsisten. kalau konsisten siapa tau bisa jadi pemegang saham terbesar dan bisa dibilang memiliki perusahan tanpa harus terlibat dalam management. keren ya haha.

 

menabung menurut gue penting bener, ya paling tidak punya simpanan uang baik itu di rumah, bank atau di orang lain. yang pasti jangan nabung masalah ya haha. menabung ini kan sebenarnya buat jaga-jaga karena hidup ini penuh dengan ketidak pastian dan karena keinginan yang ngak cukup dengan sebulan gaji (pengen beli barang mahal), jadi harus nabung dulu, haha.  jhr

 

