Piknik : Pahawang Lampung

pahawang_lampung

Sebenarnya ini pikni udah lama cuma baru sempat nulis, pingin share siapa tau ada yang bingung  liburan kemana. buat yang suka pantai terlebih yang ngaku sebagai pecinta wisata bahari maka pahawang salah satu tujuan yang harus masuk daftar list tempat piknik yang wajib dikunjungi.

Dari judul sudah jelas kalau pahawang ini adanya di Lampung, sekitar 70 menit dari pusat kota bandar lampung. buat yang dari luar lampung bisa cari penginapan di bandar lampung atau bisa langsung ke lokasi. iya di pulau pahawang ini ada penginapan. dari cerita teman yang outing beberapa waktu lalu mereka bermalam di pulau pahawang per malamnya sekitar 400k, mahal ya? haha ini bentuknya bukan macam hotel yang perkamar gitu, tapi bentuknya rumah kalau menurut gue si murah tapi nga tau juga berapa kamar soalnya rumahnya pondokan gitu yang dindingnya dari papan. kata mereka si cukup nyaman bisa muat 6 orang.

Kalau ngomonginn pahawang udah pasti laut, pantai dan snorkeling, ya snorkling  buat ketemu nemo, papa nemo sama marlin :D. sebenanrya ada banyak spot snorkeling di pahawang ini, cuma sepengalaman gue yang udah dua kali ke sana seringnya waktunya kurng. jadi dari bandar lampung ke pahawang ini kita berehenti di pelabuhan ketapang dan baru nyebrang ke pulau pahawangnya dan itu makan waktu yang cukup lumayan buat tidur siang 😀 dari bandar lampung ke pelabuhan ketapang itu 70 menitan dari ketapang ke pulau pahawang sekitar 40 menitan. oya ongkos kapalnya  plus peralatan snorkeling satu paket untuk max 10 orang harganya 700k , untuk masalah harga pinter-pinter nawar aja ya. balik lagi ke masalah waktu, saran gue berangkat harus lebih paagi, why? biar bisa berlama-lama di pahawangnya dan bisa pindah-pindah spot snorkeling. soalnya bakalan betah bener liat terumbu karang dan ikan-ikannya apa lagi kalau dikasih makan nga perlu rendan pake roti tawar aja udah pada girang ikanya.

nemo_pahawang

pertama kali ke pahawang ini bulan maret itu rasanya waktu yang pas, beda dengan waktu ke dua kalinya bulan november , lautnya lagi pasang. pas bulan maret tahun lalu itu rasanya cuma sekitar 1 meteran, ini bagus buat yang nga bisa berenang jadi bisa nikmatin pemandangan terumbu karang. beda dengan waktu air laut lagi tinggi, buat gue yang bisa renang aja kurang asik karena jarak pandang terbatas dan juga ombaknya. oya selain snorkeling di pahawang ini ada namanya pahawang kecil dan biasnya ada pulau timbul, buat yang nga suka snorkeling dan mau mandi, lari-lari atau berjemur cocoknya di tinggal di pulau timbul aja haha.

Pahawang ini sudah sangan terkenal jadi gampang kalau mau cari foto-foto kece tingal ketik aja di google. nah karena banyak yang piknik ke pahawang rasanya jelas keliatan beda bulan maret dengan november, beda terumbu karangnya mulai banyak yang rusak. jadi buat kalian yang piknik ke pahawang jangan sembarang nginjak terumbu karang ya, rapuh. gampang sekali patah. dan buat tumbuh lagi butuh waktu yang lama. kok tau de? ya gue ngalamin sendiri ya gue nginjek terumbu karang pas turun dari kapal kaki katak gue kena karang. gue langsung bilang ke temen-temen yang lain buat nga nginjek terumbu karang, yang disayangkan harusnya para nelayan yang menyewakan kapal mendapatkan edukasi tentang pentingnya menjaga kelestarian. jadi setiap orang yang datang setidaknya mendapatkan informasi dan pesan atau cara agar tidak merusak terumbu karang. pas kali kedua gue ke pahawang kita pakai jasa trip ( kalau kata gue lebih mahal ) itu gue yang ngingetin ke temen-temen buat nga nginjek terumbu karang eh pas nyampe lokasi jangankan nginjek, ngeliat terumbu karangnya aja perlu nyelam dan nahan napas lama :D.

nah itu ya pengalaman gue piknik ke pahawang jangan lupa berdoa kalau ke pahawang berdoa air nga pasang dan cuaca cerah nga hujan juga buat keselamatan :). oya saatu lagi.. kalau lagi piknik jangan terlalu sibuk ngabil foto apa lagi yang under water.. jadi nga bisa nikmatin liburan. kenapa? ya namanya foto biasanya sekali jepret nga akan cukup :D. dokumentasikan secukupnya dan selebihnya nikmati pikniknya. jhr

 

 

 

 

Iklan