Masak Sendiri II

img_0663-3

Gimana puasanya?.. Alhamdulillah lancar bahkan berjalan seperti hari biasa seakan bukan bulan puas ( ngak berasa laparnya)

Gimana kabar kerjaan? .. Lagi fokus belajar ningkatin kualitas diri, udah mulai cari-cari info kerjaan juga dan ada beberpa yang cukup bagus cuma harus ngelengkapin kemampuan diri dulu. rencana si  sampai akhir tahun cukup lah belajarnya

Gimana kabar hati? Lebih tentram kalau jauh dari pada dekat tapi jarang sempat buat ketemu. Haha

Ok balik ke judul “masak sendiri” karena weekend gue selalu libur dan sekarang jarang main jadilah iseng buat camilan nonton tv. Cari yang paling mudah dibuat dan ngak butuh banyak bahan atau alat. Ketemu tiga makanan : kue pisang, manisan kolang-kaling dan kacang bawang.

1️⃣ Kue Pisang

Cari resep lewat google dan hasilnya memang simple tapi gue buat lebih simple lagi

Bahan : Pisang apa aja bagusnya si pisang ambon, tepung terigu, Gula pasir, telur, panili, baking soda.

Cara buat kue pisang : Haluskan pisangnya, buat adonan terpisah  kocok telur seperlunya campur gula,  tambahkan tepung secukupnya masukan vanili dan baking soda. Intinya ngak perlu takaran tinggal di kira-kira aja 😄.  Kalau sudah dirasa adonanya udah jadi lanjut  masukan pisang yang sudah dihaluskan tadi kedalam adonan, aduk sampai jadi satu kesatuan yang tak terpisahkan 😁. Masukan ke dalam wadah, kukus di magicom. Tinggal tunggu  sampai matang. Dan ini hasilnya.. Enak beneran

2️⃣ Kacang Bawang

Bahan : Kacang kupas, Bawang putih, santan instan, garam, minyak goreng.

Caram membuat kacang bawang : yang pasti cuci dulu kacang nya, rebus santan dengan tambakan air secukupnya campur ke dalamnya bawang putih dan garam yang sudah dihaluskan tambahkan lada bubuk juga boleh, kalau sudah mendidih masukan ke wadah dan campur dengan kacang kupas. Biarkan beberpa saat tapi jangan kelamaan nanti kacangnya setengah matang susah garing kalau di goreng. Kalau sudah dirasa cocok dan sudah meresap menjadi satu kesatuan rasa maka buang semua airnya tadi 😅. dan goreng sampai kecoklatan alias matang. Tambahkan bawang putih goreng dan sedikit garam halus kalau malas ya digoreng gitu aja udah enak kok 😄.

3️⃣ Manisan Kolang – Kaling

Bahan : Kolang -Kaling , Gula, Sirup Coco Pandan, Daun jeruk ( ngak ada juga ngak papa ngak perlu nangis )

Cara membuatnya : Cuci kolang -kaling dengan air panas (ada yang rekomendasi pakai air beras, ngak usah dibuat ribet) cukup cucinya berkali-kali, kalau gue si nyuci kolang-laling nya pake air biasa 3x terus pakai air mendidih 1x terus dibilas lagi pakai air bersih . Kok  malah ribet ya? 😄 Takut kalau ngak bersih nanti gatel dimulut. Kalau sudah bersih, panaskan air tambahkan sirup dan masukan  kolang kaling , tambahkan gula secukupnya rembus sampa airnya tinggal sedikit. kalau sudah dingin siap di santap 😅.


Besok masak apa lagi ya? Yang simple dan ngak butuh alat yang aneh. Hmm

Iklan