Satu hari tanpa nasi

Masih berasa pegal ini badan setelah kemarin habis dari teluk kiluan (pamer) haha. Tapi bukan mau bahas itu.
Ceritanya beberapa waktu lalu pas nonton tv ada tayangan tentang program pemda yang entah daerah mana. Intinya pemda ini mengadakan program
1 day no rice (Kalau ngak salah) tujuanya untuk merubah mindset masyarakat bahwa tidak ada nasi ya tidak akan mati. Jadi maksutnya itu kan masyarakat indo terbiasa makan itu ya identik dengan nasi. Mie rebus atau goreng juga sering digandeng dengan nasi. Tapi belum pernah liat orang makan mie ayam pake nasi haha. Nah pemda ini mau memberikan pemahaman bahwa yang tubuh kita butuhkan itu karbohidrat sebagai sumber tenaga yang nyatanya juga bisa didapat dari makanan lain selain nasi.
Gue tertarik nyoba ini program. Jelas sukses. Pagi makan ikan saja iyes ikan tok. Siang makan dua kelapa muda. Sorenya ngak kepikiran makan karna kecapean jadinya tidur. Resultnya adalah jreng jreng! Biasa aja ya karena naik turun bukit ke laguna yang ada di kiluan itu cuma 1km. Mandi di laut yang airnya nampak biru ternyata jernih dan masih asin aja, ini juga mandinya pagi jam 7an. Kesimpulanya ya karena tidak kerja keras seperti menyingkirkan tanah longsor dan atau nguli di sawah macul-macul cari kepiting bakau, berenang ke tengah laut mencri berlian haha. Ya biasa aja ya karena cuma sehari juga haha. Sikon juga ya. Soalny kalau petani itu makanya = keluar tenaganya. Alias kerjaan yang nguras tenaga ya butuh energi lebih banyak dan itu artinya maka sebakul :D. Kalau macam saia ini kerja duduk sadja yang perlu dikasih makan banyak it otaknya haha.

Aku yakin sulit ngerubah kebiasaan ini, makan ya harus makan nasi. Apa lagi untuk petani. Porsi makan bapak aja 2 kali piring nasi ku. Katanya makan kalau belum ketemu nasi ya belum kenyang.

Tujuan lain dari program ini menurut ku agar masyarakat khususnya yang kurang mampu tidak merasa risau saat istri bilang “bang beras kita habis” dan suami bisa jawab dengan tenang “kan masih ada ubi singkong, ubi cilembu, dst”.

Hayuk dicoba dicoba. Cocok buat yang lagi diet.

Iklan