Keberuntungan

image

Mumpung lagi santai jadi maun nulis tentang kerjaan. Ceritanya waktu gagal interview dengan user blibli.com dan memang transkip nilai juga habis, akhirnya aku putusin buat pulang ke metro lampung. Setelah selesai ke kampus aku bermalam di kostan 16c, tempat di mana dulu aku ngekost satu tahun pas kelas 3 SMA. Satu minggu di sana melakukan proses perenungan. Mikirin mau di sebar kemana lagi ini lamaran?.


Kebingungan, iya. Secara kan aku udah coret bank, admin, marketing, asuransi dan hotel. Dari list daftar pekerjaan. Hasilnya? Susah cari kerja. penganguran 5 bulan :D. Sebenarnya cari kerja itu kalau di liat dari sisi peluangnya jika mengenyampingkan ina inu makan akan mudah mendapatkan pekerjaan. Apa lagi di jakarta, perusahaan itu mirip angkutan umum. Selalu ada aja yang keluar-masuk.  Beda dengan di lampung cari kerja sangat sulit.

Di jakarta juga banyak perusahaan out sourching(OS) alias alih daya atau penyalur. Banyak orang yang salah persepsi tentang OS ini. Apa lagi Tentang status karyawan tetap.  Dikira kalau kerja dari OS tidak bisa jadi karyawan tetap. Padahal semua itu tergantung jabatan dan yang palingnutama terserah user atau perusahaan yang menjadi tempat kita di pekerjakan. Contohnya ada teman yang cari kerja lewat OS dan beberapa bulan di pekerjakan dia jadi karyawan tetap di bank BRI.
Sekarang ini sedikit perusahaan yang tidak mengikat diri dengan OS. Tapi yang penting kerja ya, usaha gitu. Pasti ada aja jalan atau cela utuk lebih maju. Asal kitanya mau banyak belajar mau banyak cari tau mau berlelah ria.

Usaha juga jangan setengah-setengah seperti daftar cpns berdoa minta lulus tapi tidak belajar. Emangnya IQ situ berapa? Emangnya wawasan situ super luas?. Ini kejadian sama kawan sekamar ku. Sudah di bilangin dari jauh hari untuk belajar sampai harin H mana ada aku liat dia pegang buku. Doa aja biar lulus itu kata dia, siapa tau nasip baik. Nggak lulus. Lumayan dapat pengalaman itu kata dia. Itu namanya buang buang kesempatan. Buang duit karena sudah menyewa mobil buang waktu karena sudah cuti kerja. Sayang kan?

Memang ada keberuntungan itu dan semua juga mungkin bisa terjadi tapi kita bukan hidup di dunia mimpi. Tuhan  menyeru kita untuk berusaha bukan cuma berharap pada keberuntungan. 

Aku malah ngerasa orang yang jauh dari keberuntungan. Kalau beli sesuatu yang bertuliskan berhadiah  atau ada undian jarang sekali dapat 😀

Iklan