Medical cegap cegup

image

Dari kecil memang sudah takut dengan jarum suntik sampai sekarang, kalau sesu ambil sample darah masih deg degan dan banyak berdoa. Sangking takutnya pernah ketika ada suntik faksin waktu di SD gue pinjem kapas punya temen dan pura-pura sudah di suntik :D.


Anehnya kalau lagi sakit  malah berharap disuntik, rasanya kalau di suntik dokter jadi cepat sembuhnya. Mungkin karena jarum suntiknya tidak terlihat mata ya jadi berani. Parahnya itu waktu kelenjar getah bening di leher ngalamin pembengkakan. Duduk manis ngantri di depan ruang lab. Setelah beberapa nama dipanggil akhirnya giliran gue masuk. Belum langsung diambil darah tapi masih duduk di samping pasien yang sedang du ambil sample darahnya.

Keliatan muka takutnya tapi sepertinya bapaknya lebih menakutkan. Jelas muka anak itu was was. Jleb.. jarum suntik masuk dan darah nya ngak keluar!. Di copot jarylumnya di tusuk lagi. Hah!. Anak itu meringis bapaknya melototin dia. Darahnya mulau ngalir tapi pelan. Jleb di copot jarumnya jleb di pindah ke lengan seelahnya. Huaa itu anak nangis. Gue hampir kejang-kejang. Moga aja nggak kejadian sama gue.

Selesai anak itu keluar sambil di pukulin bapaknya. Giliran gue yang duduk di kursi panas. ‘Wah uratnya gede-gede jadi ngak perlu di ikat lagi ya mas’. Gue cuma mangut. Dia asik nyiapin perlengkapan dan menempel strip nama di botol kecil. ‘Tarik napas ya mas, aku masukin ya’. Dalam hati bismilah bismilah bismilah. Jleb. Gue merem. Pas buka mata darahnya ngalir pelan. Huaa petanda. Jleb tanpa aba-aba itu mba ngedorong nekan jarumnya, ngak ngalir juga. setelah itu suntikannya di belokin toh. Meringis lah gue.berasa ditujah berkali-kali tapi ngak mati. Nyiksa. Dengan entengnya dia pindah ke lengan sebelah kiri, ngelus-ngelus pake kapas beralkohol ‘rileks mas jangan tegang’. Jleb.. currr darahnya ngalir 😀

Hasilnya waktu itu dari rongsen paru-parunya kena bronkis. Gue pikir bakalan minum obat yang sampai 6 bulan itu, alhamdulillah cuma minum cefat, asmed dan ibu propen. Sembuh.
Terakhir medical chack up full itu pas masuk perbankan dan hasilnya gue lolos. Beberapa waktu lalu juga tes darah di cipto hasilnya bersih. berharap yang ini juga lulus. Tapi tadi pas tes mata dengan nutup mata kiri dan baca tulisan dari kiri ke kanan bagian yang paling bawah nggak kebaca blas.

Nenek kan udah bilang jangan suka main gelap-gelapan itu berbahaya :D.  Gue sadar si ini efek mainan hp di kamar dengan lampu padam sambil tiduran berjam-jam, yang pasti setiap hari begitu.  Pola hidupnya memang harus di rubah. Nyesel jadinya. Gue belum pernah denger temen yang matanya minus jadi bagus lagi. Pesan aja ni jadi memang ya mencegah itu lebih baik dari pada mengobati apa lagi ini mata. Nasihat dokter selalu sama konsumsi makanan yang baik, sayur dan buah-buahan serta rutin berolah raga. Hal yang sekarang ini mulai jarang di lakukan. Apa lagi makanan beracun ada di mana-mana dan sangat mengoda. Tinggal kitanya saja yang harus bisa jaga diri sendiri.

Iklan