Mahal tapi tidak dijual

Berawal dari obrolan sebelum tidur, Awalnya becandaan kalau pingin terjun dari atas monas sambil gaya ala satria baja hitam dan gue ngasih ide kenapa dia nggak adzan aja di atas sana. Ya beneran dia pingin. Kebetulan dia juga belum pernah ke sana. Gue si udah sering ke monas tapi kalau naik tugunya belum. Jam 8 kita udah ada di lokasi. Duduk sebentar di samping mobil toilet di bawah pohon beringin kecil, nunguin kasikage negri pasir 😀 bloger kita yang mirip tulus.

Setelah semua angota jalan-jalanya lengkap kita lanjut muterin monas. Ya, cuma mutrin nggak jadi naik ke atas tugunya. Ngeliat antrian yang udah mirip uler tangga jadinya muales. Sebenernya kalau nggak berbatas waktu gue mau aja ikutan ngantri. Rencana awal sebelum jam 12 sudah di kostan lagi. Sebenernya gue kasian si gara takut kecapean haha walaupun bibir gue yang duluan ngeluh pegel. Tapi ngeluhnya pas udah di dalam musium nasional indonesia. Yap.. kita bertiga tersesat di sana :D.

image

Sebelum lanjut, itu loh yang namanya gara. Haha. Gara tetiba duduk di pingir jalan ngadep ke arah istana merdeka. Untung dia nggak menadahkan tangan :D. Apa yang dia pikirkan?. Mungkin harga beras yang semakin mahal. Bisa jadi. (Piss gar).

Loncat. Ok awalnya mau ke kotu tapi gara nyaranin kemusium nasional yang lokasinya cuma berapa lompatan kecil dari tempat kami berdiri. Tepatnya di depan halte busway monas. HTM nya cuma lima ribu rupiah. Hamdalah nggak ngalamin kenaikan harga. Dapet bonus brosur tentang musiumnya. Oya gue baru tau kalau musium hari minggu nggak tutup. Nggok dah. Tau gitu gue bisa lah dulu ke musium lampung (alasan).
Apa yang ada di dalam musium nasional indonesia?. Buanyak banget. Dari peralatan rumah tangga sampai kuburan juga ada. Yang belum ada itu makanan. Gue saranin bawa minum. Nggak ada pedagang kelilingnya, haus coy. Luas. Dikit-dikit berenti jepret. Baca. Mangap. Wah. Ckckck. Hah. Ini kan yang ada di buku sejara jaman sd dulu yang mana bukunya sekarang gue yakin udah nggak di pake kurikulum sekarang ini :D. Amazing.

image

Gue nggak ngerti gara bercakap-cakap apaan dengan itu patung.

Jadi dari tempat kita beli tiket kalau lurus aja ke depan itu masuk area patung-patung gitu. Keren deh kalau buat  fhoto prewed.

image

Di larang menginjak rumputnya. Kenapa ya?.
Ok lanjut lurus kedepan sebelah kiri dan kanan ada ruangan tapi kita lurus mentok tengok kiri ada toilet tapi bukan itu. Masuk ruangan depanya lagi. itu  ruangan apa ya.. lupa tapi isinya ada semacam bak mandi dari batu yang ternyata itu kuburan. Sumpah kalau gue yang nemu itu cocok bener jadi bak mandi. Ada tengkorak manusia, ada tanduk kerbau yang gue pikir itu gading gajah. Dll.
Keluar dari ruangan itu kita duduk sebentar. Kasian gara :D.

image

Lanjut ke ruangan di sebelah kiri itu ruangan isinya  peralatan yang terbuat dari keramik . Masuk lurus belok kanan ada ruangan yang ada tv dan tempat duduknya. Ada video yang lagi ngejelasin isi musium. Ini lantainya bagus loh. Gue selonjoran sebentar di lantai. Gue juga nyentuh guci-guci yang ada di sana. Ngak ada tulisan di larang menyentuh. Tapi si gara ngak mau nyoba nyentuh. Takut pecah.

image

Keluar ruangan lurus kedepan masuk lagi di ruangan lainya, ruangan yang isinya tentang adat dari sumatra sampai papua.

Lanjut Pindah ke gedung sebelah. 4 lantai. Paling dasar itu tentang prasejarah lantai ke dua lupa aku, lantai ke tiga teknologi  sama barang yang di dapat dari dalam lautan. lantai ke empat di larang foto-foto isinya perhiasan gitu sama keris-keris. Ada cicin batu, ada mas, buanyak dah. Eh lantai dua itu isinya prasasti. Cmiiw

image

Buat yang mau tau info detail tentang barang yang ada di musium  ada cara mudahnya, salah satu pasilitas musium cukup keren menurut gue. bisa deh touch touch itu layar isinya gambar dan detailnya.

Ke musium nasional indonesia ini agaknya nggak cukup sekali. Koleksinya banyak bener, atau perasaan gue aja ya. Karena ini pertama kalinya gue ke musium dan memang gue juga nggak suka sama pelajaran sejarah. Haha (apa hubunganya?). Kalau gitu minggu depan pingin ke musium yang di kota tua ah.. 

Iklan